Kampus Jepang Gelar Wisuda Online dengan Robot Ditengah Wabah Corona

0
62
Kampus Jepang Gelar Wisuda Online dengan Robot Ditengah Wabah Corona
Cnet Pihak BBT University berfoto bersama dengan dua robot Newme yang menampilkan wajah wisudawan

Ditengah mewabahnya Virus Corona menyebabkan banyak orang tidak bisa melakukan kegiatan atau aktivitasnya secara langsung, banyak kegiatan yang harus dilakukan dengan serba online untuk menghindari berinteraksi langsung. Tak terkecuali di ranah akademis, misalnya Proses belajar-mengajar online, rapat online, bimbingan online dan lain sebagainya.
Bahkan ada salah satu Universitas yang ada di Jepang, yaitu Business Breakthrough (BBT) University menggelar sebuah acara wisuda yang dilaksanakan secara online dengan mengandalkan sebuah robot presensi jarak jauh (telepresence) bernama Newme.
Robot ini merupakan produk tekhnologi yang diciptakan oleh sebuah perusahaan penerbangan asal Jepang, All Nippon Airways (ANA) Holdings. Pada tahun lalu Robot Telepresence Newme ini Dirancang Oleh ANA untuk orang-orang yang ingin berkeliling dunia akan tetapi tidak ingin beranjak dari tempatnya. Robot ini juga sempat digunakan untuk membantu penyandang stabilitas untuk kembali bekerja. Jadi robot ini juga bisa menggantikan kehadiran manusia disebuah tempat meski tubuh aslinya berada di tempat lain , meskipun begitu robot ini tidak bisa melakukan gerakan seluwes dan se lincah apa yang dilakukan manusia.
Layaknya sebagai manusia, robot ini berfungsi sebagai tubuhnya, dan ada beberapa roda sebagai kakinya serta dilengkapi dengan sebuah tablet yang diletakkan di atas robot guna berfungsi sebagai wajah para wisudawan. Tablet ini membutuhkan sebuah aplikasi telekonfrenzi zoom untuk bisa menampilkan wajah para peserta wisuda. Robot ini juga dilengkapi dengan sebuah sandaran buatan yang diletakkan ditengah-tengah robot yang berfungsi sebagai tangannya, dengan membawa sertifikat dan ijazah kelulusan para wisudawan.
Meskipun acara wisuda yang di gelar oleh BBT University ini dilaksanakan secara online dan dikendalikan dari jarak jauh oleh para peserta wisuda dan bisa jadi itu dilaksanalan secara bergantian. Seperti wisudawan-wisudawati pada umumnya robot ini juga menggunakan toga dan semua atribut lengkap wisuda lainnya. Membuat acara wisuda yang di gelar oleh BBT University ini terlihat tampak lebih nyata.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here