Google Hapus Aplikasi ‘Anti China’ dari Play Store

0
25
Google Hapus Aplikasi ‘Anti China’ dari Play Store

Google menghapus aplikasi buatan developer asal India dari Play Store, aplikasi ini dihapus karna telah dianggap melanggar aturan perilaku ekosistem google.

Aplikasi yang dimaksud bernama “Remove Chinese Apps”, yang mana aplikasi ini menjadi aplikasi gratis teratas di Play Store India. Aplikasi ini populer di India dengan lebih dari 5 juta unduhan sejak akhir mei 2020.

Aplikasi ini telah dikembangkan oleh perusahaan India bernama Onetouch AppLabs dan popularitasnya memuncak sejak terjadinya sengketa antara China dan India mengenai perbatasan kedua negara di Himalaya.
Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memindai aplikasi asal China yang terinstal di ponsel, contohnya Tiktok buatan ByteDance ataupun UC Browser buatan AliBaba. Kemudian aplikasi ini akan memberikan opsi untuk menghapus atau tetap menyimpan aplikasi tersebut.

Jika tidak ada aplikasi asal China yang terdeteksi maka akan muncul pesan “kamu luar biasa, tidak ada apllikasi China yang ditemukan”.
Beberapa hari terakhir beberapa selebriti di India telah menyuarakan soal penghapusan aplikasi asal China bahkan ada juga seseorang Selebritis India mengajak selurh penggemarnya untuk menghapus aplikasi yang berasal dari China seperti aplikasi Tik Tok dari ponselnya sebagai suatu bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam menghadapi gertakan China.Bila sentimen ini dilanjutkan bisa berdampak buruk pada perusahaan China di India karna India merupakan pasar utama dan India dianggap sebagai pasar terbesar diluar China.
Juru bicara Google telah mengonfirmasi bahwa aplikasi ini telah dihapus dikarenakan telah melanggar kebijakan, akan tetapi sejauh ini tidak memberikan rincian yang lebih detail dan lebih lanjut.
Sementara itu orang yang faham dengan masalah ini mengatakan bahwa perangkat lunak ini telah melanggar kebijakan Google, yang melarang aplikasi yang menghasut pengguna untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi pihak ketiga.
Namun, dalam situs webnya, pengembang mengonfirmasi bahwa aplikasi ini telah dihapus, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengguna aplikasi tersebut atas semua dukungan mereka selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here