Abdimas UTM Mengolah Tanaman Rosella Menjadi Minuman Herbal Upaya Pencegahan Covid-19 di Era New Normal

0
26
tanaman rosella

Sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini, dampak Covid-19 sangat luar biasa pada berbagai sektor kehidupan di masyarakat . Berbagai upaya untuk menghadapi pandemi Covid-19 pun dilakukan, seperti karantina rumah, isolasi mandiri, karantina fasilitas khusus, karantina rumah sakit, dan karantina wilayah.  Sedangkan Pemerintah mulai saat ini sudah menetapkan era New Normal. Masa New Normal ditetapkan Pemerintah pada awal bulan juli.  Tatanan kehidupan normal baru atau new normal menjadi alternatif bagi masyarakat. Tatanan new normal merupakan transformasi perilaku hidup di masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas normal. Namun, dengan menerapkan protokol kesehatan sampai ditemukannya vaksin yang dapat menyembuhkan para korban yang terinfeksi Covid-19.  Hal ini harus menjadikan masyarakat lebih kreatif dan inofatif dengan menghadapi Era New Normal saat ini dengan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar.

Berkaitan dengan hal tersebut Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang di Dampingi Oleh Ibu Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi.,MA. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Dusun Klotok Desa Klotok Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS). Ibu Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi.,MA selaku Dosen Pembimbing Lapangan berinovasi untuk mengedukasi masyarakat dengan mengajak mahasiswi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis atas nama Mufadzilah mengajak untuk mengembangkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Dusun Klotok, Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik.  Dengan banyak ditemukannya tanaman bunga rosella di area persawahan atau lapangan yang tidak dimanfaatkan oleh warga masyarakat dusun klotok, hal tersebut menjadikan kita untuk berinofatif mengolah tanaman tersebut menjadi minuman yang nantinya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat di masa New Normal pandemi Covid-19.

tanaman rosella minuman rosella

Untuk mencapai tujuan dengan pembuatan minuman herbal teh rosella tidak lupa kita turut serta menggandeng Ibu – Ibu PKK Dusun klotok  dalam pembuatan minuman herbal ini.  Rosella merupakan tumbuhan perdu atau semak yang merupakan tanaman musiman. Tanaman rosella memiliki banyak manfaat daunnya dapat dijadikan kosmetik dan bunganya yang memiliki beragam khasiat  diantaranya : menurunkan tekanan darah (hypotensive), menurunkan asam urat, hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, meredakan batuk, mencegah flu, dll. Rosella sudah banyak dikenal masyarakat sebagai tanaman yang banyak memiliki khasiat tetapi tidak banyak dari masyarakat yang mengkonsumsi rosella tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi rosella dalam bentuk aslinya. Tujuan dari pelatihan ini diharapkan  ibu-ibu Pkk Dusun Klotok mampu mengaplikasikan program tersebut Sehingga hasil kedepannya bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang kreatif dan inovatif Dan bisa menjadikan warga untuk berinofatif mengembangkan kewirausahaan sehingga dalam hal ini bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Dusun.Klotok Kecamatan.Balongpanggang Gresik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here