“Sky Drive Mobil Terbang dari Jepang”

0
6

Sebuah perusahaan dari Jepang, Sky Drive Inc. telah mengumumkan keberhasilan uji coba mobil terbang. Perusahaan tersebut menyatakan telah melakukan demonstrasi publik pada 25 Agustus lalu, di Toyota Test Field, salah satu perusahaan terbesar dan rumah bagi basis pengembangan perusahaan mobil di Jepang.

Mobil yang diberi nama SD-03 dan diawaki pilot itu, lepas landas dan mengitari lapangan selama kurang lebih empat menit.

“Kami sangat senang telah mencapai penerbangan mobil terbang berawak pertama di Jepang dalam dua tahun sejak kami mendirikan SkyDrive, yang dengan tujuan untuk mengkomersilkan pesawat semacam itu,” kata CEO Tomohiro Fukuzawa dalam sebuah pernyataan.

Menurut perusahaan tersebut, SD-03 merupakan kendaraan lepas landas dan pendaratan vertikal listrik terkecil di dunia dan memakan ruang sekitar dua mobil yang diparkir. Itu juga memiliki delapan motor untuk memastikan keamanan dalam situasi darurat.

“Dalam mendesain genre baru transportasi yang belum dijelajahi dan dikenal sebagai mobil terbang, kami memilih kata kunci progresif ‘sebagai inspirasi,'” kata Direktur Desain Takumi Yamamot.

“Kami ingin kendaraan ini futuristik, karismatik, dan diminati oleh semua pelanggan di masa mendatang, sambil sepenuhnya menggabungkan teknologi tinggi SkyDrive,” tambahnya.

Perusahaan ini juga berharap menjadikan mobil terbang itu sebagai bagian dari kehidupan normal dan bukan sekedar komoditas. Lebih banyak uji penerbangan akan dilakukan di masa mendatang dalam kondisi berbeda untuk memastikan keselamatan dan teknologi kendaraan memenuhi standar industri.

Keberhasilan penerbangan ini membuka kemungkinan besar bahwa mobil tersebut akan diuji di luar lapangan Toyota Test pada akhir tahun ini.

Perusahaan juga dilaporkan akan terus mengembangkan teknologi untuk meluncurkan mobil terbang pada 2023.

Adapun SkyDrive SD-03 sendiri dikemudikan seorang pilot yang dibantu kinerja komputer untuk memastikan stabilitas mobil selama mengudara.

Terdapat seorang staf di darat yang memantau kondisi dan kinerja mobil selama penerbangan.

Mobil terbang itu seperti pesawat kecil bertipe Vertical Take-Off and Landing (eVTOL), yang digadang-gadang akan menjadi moda transportasi masa depan.

SkyDrive SD-03 memiliki tinggi dua meter, lebar empat meter dan panjang empat meter, atau seukuran dua city car ketika di parkir berhimpitan.

Layaknya pesawat, mobil terbang SkyDrive SD-03 memiliki dua pasang baling-baling yang bergerak ke atas ketika mobil itu lepas landas dan melipat saat tidak digunakan.

Sayangnya perusahaan belum mengumumkan rincian jarak yang bisa ditempuh SkyDrive SD-03 dalam sekali terbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here