Aplikasi Canggih Buatan Xiaomi Bisa Deteksi Detak Jantung Cukup Lewat Kamera

0
13
xiaomi redmi

Xiaomi memperkenalkan aplikasi Mi Health tahun lalu, dan sejak itu menjadi aplikasi utama untuk menemukan semua informasi terkait kesehatan. Informasi yang terkumpul dalam Mi Health, meliputi detak jantung, jumlah langkah, tujuan olahraga, Skor Kesehatan, dan lain-lain.

Sebagaimana melansir laman GSMA Arena dari XDA-Developers, Jumat (11/9/2020), pembaruan versi v2.7.4 dapat mengukur detak jantung Anda hanya dengan menggunakan kamera ponsel dan tanpa sensor atau perangkat keras tambahan.

Fitur ini cukup mudah digunakan, cukup meletakkan jari telunjuk pada lensa kamera dan menunggu sampai bilah kemajuan mencapai 100 persen.

Setelah pemindaian selesai, Anda harus memilih apakah habis melakukan olahraga (After exercise), beristirahat (Resting State) atau sedang tak melakukan apa-apa (General status). Otomatis fitur ini akan melaporkan hasil tes dan mengungkap apakah detak jantung Anda lambat, normal, atau cepat.

Data dikumpulkan dari waktu ke waktu, dan akan ditampilkan di dasbor aplikasi. Hal ini membuat pengguna dengan mudah melacak detak jantung.

Sebelumnya, peneliti mendemonstrasikan kamera ponsel pintar untuk mendiagnosis diabetes. Penelitian inovatif mendemonstrasikan teknik yang tak memerlukan perangkat keras tambahan selain kamera.

Penelitian dari University of California, San Francisco (UCSF) ini membuktikan kamera ponsel memiliki tingkat akurasi 80 persen.

Sistem yang diusulkan didasarkan pada photoplethysmography (PPG), teknik di mana cahaya dapat disinari ke sel jaringan untuk mendeteksi perubahan volume darah.

Tapi sayangnya, aplikasi ini masih belum tersedia di Google Play Store, jadi pengguna hanya dapat menggunakannya dengan mengunduh via APK.

Kabarnya, Xiaomi akan membawa fitur ini dalam pembaruan Mi Health versi 2.7.4 dan pengguna dikabarkan baru akan bisa mendapatkannya dalam waktu beberapa minggu mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here