Cara Mengurangi Pemakaian Memori WhatsApp dengan Sangat Mudah

0
44
whatsapp logo's

Kiriman konten seperti foto dan video di WhatsApp seringkali berukuran cukup besar. Semakin banyak yang diterima, maka ruang memori internal di ponsel bakal makin tersita pula. Pengguna bisa memangkas pemakaian memori ini dengan beberapa cara, seperti mematikan download konten otomatis atau melakukan penghapusan secara manual. Belakangan WhatsApp menyediakan cara yang lebih praktis, yakni lewat fitur Storage Management. Fitur ini sudah diluncurkan secara global awal pekan bulan November dan kini sudah resmi bisa dicoba di Indonesia.

Pengguna WhatsApp di Indonesia mulai mendapat pembaruan fitur Storage Management mulai Kamis, (12/11/2020) untuk pengguna publik. Sebelumnya, fitur ini baru tersedia bagi pengguan beta. Apabila belum mendapat fitur ini, tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan di toko aplikasi Play Store bagi platform Android dan App Store bagi pengguna iOS.

Setelah diperbarui, buka kembali WhatsApp untuk menggunakan fitur Storage Management. Langkah mengelola dan menghapus Caranya, buka menu setting (pengaturan) dengan mengetuk tombol titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Kemudian, pilih Storage and Data (penyimpanan dan data) > Manage Storage (kelola penyimpanan). Nantinya, akan muncul semua file media yang tersimpan di WhatsApp beserta keterangan ukuran file. Di sisi atas akan muncul informasi berapa besar ruang penyimpanan yang sudah terpakai (warna hijau) dan masih kosong (warna kuning).

whatsapp

Di bawahnya ada beberapa kategori file yang diurutkan berdasarkan ukuran paling besar ke kecil. Adapun kategorinya meliputi file yang diteruskan berkali-kali, file yang lebih besar dari 5 MB, dan Chat. Kategori Chat menampilkan siapa saja kontak yang paling banyak memberikan kiriman konten dan berapa ukuran file yang terkirim.

whatsapp

Selanjutnya, pilih kategori mana yang ingin ditinjau, misalnya saja kategori file yang lebih besar dari 5 MB. Aneka file yang masuk kategori tersebut akan terpampang lengkap dengan nama dan ukuran file yang diurutkan dari yang terbesar.

Pengguna bisa memilih semua file untuk dihapus permanen atau dilihat satu per satu. Sebelum menghapusnya, pengguna juga bisa membuka file lebih dulu untuk memastikan apakah benar foto, video, dokumen, atau file jenis lainnya sudah tidak diperlukan lagi. Setelah yakin, cukup pilih file yang ingin dihapus dengan menekan dan menahan (tap and hold). Pengguna bisa menyeleksi beberapa file sekaligus.

Kemudian klik ikon tempat sampah di pojok kiri atas untuk menghapusnya secara permanen. Dengan memilah file kiriman berdasarkan ukurannya, Storage Management pun mempermudah pengguna dalam melihat file mana saja yang paling menyita ruang memori ponsel dan bisa dihapus kalau sudah tidak diperlukan.

Cara ini pun lebih praktis dan aman ketimbang melakukan penghapusan secara manual karena langsung menampilkan semua file yang terdapat di folder aplikasi WhatsApp, serta tidak menyinggung aplikasi lain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here