Cerita Noken Papua yang Jadi Doodle Google Hari Ini

1
51

Sebuah Doodle menampilkan sosok wanita dengan noken di kepala serta latar belakang pemandangan bukit dan rumah honai khas Papua menjadi laman utama Google pada hari ini, Jumat 4 Desember 2020.

Bukan lain tujuan Doodle kali ini yaitu untuk semakin memperkenalkan noken, tas tradisional Papua. Noken dibuat oleh wanita Papua dengan menggunakan bahan alam seperti serat pohon, kulit kayu, atau daun yang diproses menjadi benang yang kuat. Benang-benang ini lalu diikat atau dianyam menjadi sebuah tas. Tas inilah ah yang sering digunakan para wanita untuk mengangkut hasil pertanian dan membawa barang dagangan ke pasar.

Tas serbaguna ini bahan lama dan bisa membawa barang yang cukup berat seperti hewan, kayu, bahkan sampai anak kecil bisa muat di dalam tas ini. Keunikan khas Papua terlihat dari bagaimana cara mereka membawanya. Tidak seperti layaknya tas yang biasanya digendong atau dijinjing, namun tas ini ini dibawa dengan digantungkan di kepala wanita-wanita perkasa Papua. Noken telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO pada 4 Desember 2012, tepat 8 tahun yang lalu.

Lalu siapa sosok dibalik Doodle noken ini dan apa alasan dibalik karyanya? Doodle Google edisi noken khas Papua dibuat oleh seniman asal Depok, bernama Danu Fitra.

Danu memang memiliki ketertarikan personal dengan Indonesia timur, khususnya Papua yang menyimpan kekayaan budaya, kelompok etnis, dan pemandangan yang menakjubkan.

“Saya menggambar dua orang Papua dalam perjalanan pulang dari hutan dan menggunakan noken untuk membawa hasil pertanian, salah satu kebutuhan sehari-hari mereka.”ungkap Danu, dirangkum dari laman resmi Google.

Lalu juga menambahkan ilustrasi 2 rumah adat Papua honai dan pemandangan lembah Baliem nan eksotik.

“Jenis huruf (tulisan google) terinspirasi oleh bentuk noken itu sendiri dan elemen dekoratif nya terinspirasi oleh pola noken, “tambah Danu.

Dia berharap Doodle buah karyanya yang muncul di laman utama google.com hari ini bisa semakin memperkenalkan noken ke lebih banyak masyarakat luas, bukan cuma di Indonesia namun juga di kancah internasional.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here