Pemanfaatan Media Digital Pada Pengabdian Masyarakat UTM Di Desa Slaharwotan

0
33
kkn kelompok 76

Pada hari Sabtu, 13 November 2020 bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Desa Slaharwotan. Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura Kelompok 76 menjalankan program kerja kelompoknya yaitu berperan sebagai pembelajar di sekolah tersebut. Pada proses pembelajaran tentunya karena masih pada proses Adaptasi Kebiasaan baru proses pembelajaran tetap menerapkan protokol kesehatan demi tercapainya tujuan pencegahan penyebaran covid 19. Namun ada hal yang berbeda dari proses pembelajaran tersebut. Dimana salah satu anggota kelompok 76 yang bernama Dimas Achmad dari program studi Pendidikan Informatika mempunyai inisiatif untuk memanfaatkan Teknologi Digital dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran siswa.

Media Pembelajaran ini sendiri berupa sebuah aplikasi game edukasi, yang dimana didalamnya terdapat konten yang dapat membantu proses pembelajaran siswa pada umumnya. Aplikasi Game Edukasi ini sendiri dapat dimainkan di Laptop, Komputer dan Smartphone Android. Pada Game Edukasi ini, pengembang memfokuskan konten seputar mata pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa dengan materi hanacaraka pada aplikasi ini. Pada Game edukasi ini sendiri pun terdapat dua fitur, yaitu fitur belajar yang dimana siswa dapat belajar membaca dan melafalkan huruf hanacaraka dan fitur bermain yang dimana siswa juga dapat bermain puzzle hanacaraka untuk mengetahui kepahaman siswa dalam belajar.

Setelah Game Edukasi ini di implementasikan pada proses pembelajaran siswa di kelas, ternyata benar antusias siswa secara tidak kita sadari semakin meningkat dan proses pembelajaran pun berjalan lancar. Siswa yang Bernama Dimas menyampaikan kesenanganya dengan media tersebut dengan mengatakan “pak, boleh minta aplikasinya”. Dan salah satu anggota kelompok 76 pun menjawab “baik, nanti akan dikirimkan ke wali kelas untuk bisa di bagikan ke kalian”. Dan akhirnya pun Dimas beserta siswa yang lain cukup gembira karena mereka dapat memainkanya dirumah. Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura Kelompok 76 pun diakhiri dengan rasa bangga dan terharu karena Medianya dapat bermanfaat bagi siswa – siswi Madrasah Ibtidaiyah Desa Slahar wotan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here